Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebagai Pekerja Apa Perlu Bersikap Kritis ? (BAGIAN 2)


Sikap yang terkandung dalam sikap kritis yang kedua adalah selalu mencari kesalahan mungkin kedengarannya memang sangat egois. Namun sebenarnya tidak ada unsur egois dari arti ini, karena memang selalu mencari kesalahan itu mengandung banyak arti. Memang sikap kritis itu selalu mencari kesalahan tetapi mencari kesalahan yang bisa membuat orang yang dikritik itu tahu apa sebenarnya yang mereka bicarakan. Supaya mereka tahu apa kesalahan mereka jadi mereka juga bisa intropeksi diri. 

Memang banyak sekali orang  yang pintar dalam berbicara banyak hal padahal sebenarnya mereka tidak mengerti apa yang mereka bicarakan. Oleh karena itu lah selalu mencari kesalahan dalam arti kritis itu bukan lah sifat egois melainkan untuk memberi tahu apa kekurangan dari orang lain dan agar yang mengkritis juga bisa lebih mengerti.

Ketika anda menjadi pekerja jangan main-main dengan sikap ini terutama jika anda masih baru masuk ke sebuah perusahaan, karena mencari kesalahan dan memberitahu kesalahan orang lain bisa runyam akibatnya. Tidak semua orang bisa dikritik, apalagi disalahkan. Jika anda lakukan pada pimpinan anda, itu akan berakibat fatal. Tidak saja pimpinan yang akan menjadi tidak suka dengan anda, rekan kerja anda yang senior juga pasti akan tidak suka dengan anda. Kecuali anda sudah bekerja lama di tempat itu dan sudah dianggap loyal oleh pimpinan, mungkin saja masukkan anda akan bisa diterima. 

Dulu ada teman rekan kerja saya yang sering protes mengkritik teman satu tim. Tidak hanya itu di juga sering mengkritik kebijakan perusahaan dan pimpinan saat meeting. Di akhir tahun kontrak kerjanya tidak diperpanjang.

Jadi anda mesti berhati-hati mencari-cari kesalahana atau ketidaksempurnaan dari sistem sebuah perusahaan. Jika anda tidak sangat kompeten atau tidak memiliki track record yang baik di perusahaan lebih baik dihindari, karena akan menimbulkan konflik dengan rekan kerja dan pimpinan. Mungkin maksud anda baik, tapi bisa terjadi kesalahpahaman dan sangat beresiko bagi karir kerja anda (BERSAMBUNG)