Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Interpersonal Skill Di Dalam Dunia Kerja


Interpersonal skill merupakan salah satu skill yang penting bagi seseorang di dunia kerja. Seorang pekerja atau apapun profesi apapun di bidangnya di dalam bisnis memerlukan interpersonal skill. Interpersonal skill ini akan mampu membuat seseorang menjadi pribadi yang mudah disukai orang lain karena yang bisa memberikan penjelasan-penjelasan yang baik sehingga lawan bicara atau audience itu mau mendengarkannya. Skill ini mutlak harus dimiliki oleh tenaga pemasar karena seorang marketing itu harus bisa menjual barang sesuai dengan target pembeli yang bermacam-macam karakter dan itu diperlukan skill yang luar biasa ini yaitu interpersonal skill. 

Sesorang yang memiliki interpersonal skill yang baik akan mampu menjelaskan produk, namun juga mampu menjelaskan manfaat mampu menjelaskan bagaimana cara penggunaannya dan sebagainya.  bisa berhubungan langsung dengan pembeli sehingga itu akan menjadi jawaban bagaimana mudahnya tenaga pemasar menjual produk. Sering kali orang tidak memahami ini karena dipikir skill yang ini muncul dengan sendirinya, padahal tidak semua orang bisa dan skill ini mengandung rasa simpati dan empati sehingga ketika seseorang berbicara maka orang tersebut akan bisa masuk dalam pembicaraan orang lain. Jadi di dalam interpersonal skill ada kemampuan pemahaman terhadap orang lain. 

Pada dasarnya sebagai makhluk sosial seseorang itu perlu proses sosialisasi dan skill itu sangat membantu. Apakah semua orang bisa memiliki interpersonal skill yang baik? bisa saja, namun tergantung dari karakteristik setiap pribadi. Orang introvert dengan sikap cenderung pasif pun bisa memiliki interpersonal skill yang baik. Contohnya saya, saya dulu introvert. Terkadang orang tidak mau untuk belajar mengasah skill ini sehingga akan skill nya akan mandeg, karena tidak pernah diasah.

Saat seorang penjual berhadapan dengan para pembeli,  penjual harus bisa menjual barangnya dengan baik. Seorang pekerja harus bisa masuk ke dalam lingkungan rekan-rekan kerjanya sehingga dia bisa diterima dan sama-sama bekerja bersama untuk organisasi. Itulah manfaat interpersonal skill dan skill i ini sangat bagus digunakan ketika bekerja apapun itu. Jadi anda harus terus mengasah skill ini dengan belajar mengatur cara berbicara supaya kita bisa menyesuaikan dengan siapa di mana dan kondisi yang bagaimana. 

Memang mengontrol kata-kata itu tidak mudah tapi hal itu bisa membuat seseorang termotivasi atau bahkan emosi terhadap anda. Adanya interpersonal skill ini, sesorang bisa memberikan perbedaan, bisa membangun ataupun membangkitkan kemampuan orang lain. Jadi dalam hal ini  terdapat sisi pengendalian emosi juga. Anda bisa luwes dalam pembicaraan kepada semua orang dan bisa menyesuaikan keadaan sehingga semua aktivitas pekerjaan bisa berjalan dengan lancar.