Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Elegan Menghadapi Permainan Politik Di Tempat Kerja

 


Sebuah organisasi di dalam nya tentu ada yang namanya gesekan-gesekan di sana-sini, arus strategi maupun intrik-intrik yang dilancarkan oleh orang-orang yang punya kepentingan tertentu di dalam organisasi. Saya menamakannya permainan politik di tempat kerja. Organisasi apapun,  baik asosiasi profesi, forum-forum diskusi untuk ataupun juga institusi  biasanya kemungkinan besar ada pusaran itu. Di dalam kepengurusan organisasi itu atau asosiasi itu akan ada orang-orang yang bermain untuk kepentingan mereka dengan berdalih untuk kepentingan organisasi padahal ada kepentingan dari pribadi ataupun golongan yang akan dipakai untuk kendaraan mencapai keinginannya

Orang-orang itu biasanya terlihat sangat menonjol karena memang tujuan mereka untuk bisa menguasai forum dan mendapatkan simpati dari banyak orang namun ada juga yang tidak terlihat mereka lebih kepada bagaimana strategi akar rumput dan mencoba untuk menggalang masa dalam hal ini anggota organisasi lain yang paham untuk mendukungnya biasanya pendapat-pendapatnya sangat kritis pimpinan nah di sini ada orang-orang yang juga mencari kepentingan sendiri untuk menggalang kekuatan oleh karena itu organisasi sangat berbahaya jika memang ada banyak orang-orang yang punya kepentingan memang banyak menjamur asosiasi di berbagai asosiasi di beberapa media sosial yang pernah saya lihat. Sebenarnya keberadaan forum ataupun asosiasi itu cukup bagus secara pengembangan wawasan dan juga orang-orang yang ingin mendapatkan wadah untuk berkembang, namun juga cukup berbahaya jika memang asosiasi atau forum-forum itu hanya menjadi tempat bagi orang-orang tertentu untuk melampiaskan keinginan-keinginannya untuk mendapatkan keuntungan yang dia inginkan.

Keberadaan orang-orang tertentu untuk mendapatkan keuntungan dari sistem organisasi jadi permainan-permainan yang model seperti ini perlu anda waspadai apalagi jika anda punya niat tulus untuk belajar organisasi atau mendapatkan pengayoman, mendapatkan pembelajaran, mendapatkan informasi dari organisasi profesi maka anda harus waspada karena ini penting dari kita sebagai orang-orang yang punya tujuan yang tidak neko-neko maka dari itu anda perlu belajar banyak untuk selalu melihat sejauh mana anda bisa untuk memperoleh hal-hal yang positif dalam organisasi yang kita ikuti.

Seringkali ada pertanyaan di dalam kelas-kelas yang saya buka, peserta bertanya :

bagaimana pak untuk bisa bertahan menghadapi perpolitikan dalam organisasi? 

bagaimana pak cara kita bisa selamat dari pro dan kontra di dalam organisasi? 

bagaimana pak menghindari teman-teman yang bermain politik teman-teman yang berusaha menjatuhkan dan berusaha untuk mengadu domba kita dengan orang lain? 

Saya mendapatkan beberapa pertanyaan di atas dari para penanya, dan saya mencoba membagikan ini pengalaman saya untuk menjawabnya, namun jawaban belum tentu bisa memuaskan semua penanya. Saya akan bagikan untuk cara elegan menghadapi permainan politik di tenpat kerja dahulu, karena setiap hari anda akan berhadapn dengan itu. Saya coba sajikan beberapa pandangan yang strategis bagi mereka untuk mengatasi hal-hal tersebut. Memang anda akan kesulitan jika anda berada di dalam suatu permainan politik, oleh karenanya anda harus bermain cantik. Memang cukup berbahaya jika anda tidak tahu caranya. Oleh karena anda mesti banyak belajar strategi juga. Kali ini saya akan memberikan sedikit banyak tentang teknik-teknik untuk anda bisa menghindari permainan-permainan politik seperti ini,  agar anda bisa menghadapinya di dalam organisasi dan tidak menjadi korban dari oknum-oknum yang punya agenda tertentu.  

Pertama,  Anda mesti harus berhati-hati melihat memandang orang-orang di dalam organisasi tempat dimana anda bekerja. Anda perlu melihat dengan teliti siapa yang pro dan siapa yang kontra dengan kepemimpinan yang ada di tempat kerja kita. Anda juga lihat siapa teman-teman anda apakah mereka masuk di dalam pro dan kontra itu atau tidak. 

Kedua, Anda mulai membaca pergerakan permainan politik yang sedang terjadi. Anda akan bisa membacanya jika anda mengamatinya dengan serius. Sangat penting di dalam tempat kerja anda, sebagai pekerja harus belajar untuk melihat suasana sekitar organisasi, sekitar pemimpin anda dan apa yang sedang terjadi. Jika sudah menemukannya anda bersiap mengambil keputusan untuk langkah yang ketiga

Ketiga, tempatkan diri anda berada di posisi yang tepat. Menempatkan diri dalam permainan politik itu memang tidak mudah, apalagi jika permainan dibuat oleh orang-orang yang punya kepentingan tersebut. Berikan standar yang baik tentang bagaimana kita menyikapinya, bagaimana Anda harus menjadi seseorang yang mampu untuk memberikan jawaban dan menunjukkan bahwa kita ini punya sikap atas permainan itu. Anda bisa memilih menjadi peran sebagai pihak pro, pihak kontra atau pihak netral. Semua tergantung pilihan anda. Semua pilihan ada resikonya, termasuk posisi netral. Saya akan bahas tentang poin ini di tulisan saya yang lain.

Keempat, Anda harus konsisten dengan pilihan anda sampai dengan waktunya anda bisa melihat perkembangan dari permainan politik yang dilancarkan oleh orang-orang tersebut. Jika posisi anda membahayakan kondisi kerja anda, anda bisa pertimbangkan untuk berubah posisi lain. Begitu seterusnya.

Semoga cara yang saya bagikan ini bisa bermanfaat untuk menjadikan anda bisa menghadapi permainan politik di organisasi tempat kerja sehingga pekerjaan anda tidak terganggu dan dirugikan oleh adanya permainan politik tersebut.