Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Meningkatkan Listening Skill Itu Tidak Mudah Tapi Harus Dilakukan

Listening skill merupakan salah satu soft skill yang penting untuk menopang aktivitas pekerjaan anda. Sebab di dalam internal personal skill terdapat skill yang penting yaitu skill mendengarkan atau listening skill. Mendengarkan tidak sama dengan mendengar. Listening skill itu kemampuan mendengarkan ada unsur empati, simpati dan juga perasaan yang mendalam untuk memahami orang lain. Kemampuan mendengarkan sama pentingnya dengan kemampuan berbicara. Tanpa anda mampu mendengarkan orang lain maka akan membuat hubungan dengan orang lain tidak bisa terjalin lebih erat shingga bisa terjadi kesalahpahaman akan terjadi dan tidak sinkron antara maksud dan tujuan pembicaraan dengan yang mendengarkan

Saya banyak melihat teman-teman saya dulu di tempat kerja, skill ini kurang dikembangkan misalnya saat ada orang yang melakukan pelanggaran atau kesalahan tidak diberi kesempatan untuk didengarkan. Pelaku langsung saja diserang dengan berbicara terus-menerus tanpa mau mendengarkan alasan apapun dari pelaku. 

Mendengarkan itu adalah suatu proses dan tentunya dibutuhkan kesabaran. Banyak orang tentu tidak mudah untuk meningkatlan skill ini, sebab perlu perjuangan untuk mencapai level lebih tinggu. Mendengarkan akan selalu berhubungan dengan interpersonal skill. Hal itu juga terlihat bagaimana anda bisa masuk ke dalam pembicaraan dengan baik, Saat anda masuk tidak memotong pembicaraan dan memberikan kesempatan lawan bicara untuk mengungkapkan apa yang dirasakan, jadi ada empati di dalamnya. Mendengarkan lawan bicara dengan seksama berbicara itu mudah namun mendengarkan itu butuh kesabaran mendengarkan butuh energi yang lebih besar seperti juga berbicara.

Konsentrasi yang sangat diperlukan yang paling banyak terlibat skill mendengarkan itu kontrol namun pada dasarnya setiap orang harus memiliki skill ini kita membimbing motivasi orang tentu diawali dari mendengarkan apa permasalahan mereka pada dasarnya setiap orang ini didengarkan dan dimengerti itulah alasan mengapa alis ini skill atau skill mendengarkan sangat penting ditingkatkan agar personal skill juga lebih baik lagi

Niatan untuk meningkatkan soft skill mendengarkan dikembali ke dalam diri masing-masing sejauh mana anda  ingin dan mau mendengarkan orang lain saat ada pembicaraan. Tentu pengalaman kita dalam dunia kerja akan berbeda-beda tergantung kondisi di lapangan. Bagaimana, seperti apa, dengan siapa berbicara tentu hal itu akan mempengaruhi segi banyak proses peningkatan listening skill itu. Skill interpersonal dan juga skill mendengarkan ini saya percaya ketika anda senantiasa meningkatkan skill ini maka anda akan melalui banyak proses untuk menjadi lebih baik meningkatkan skill ini bisa secara sengaja maupun tidak. Jika anda tidak mau mengasahnya maka anda akan kesulitan untuk berinteraksi dengan orang-orang sekitar anda yang berbeda-beda karakter. 

Kombinasi antara interpersonal skill dan listening skill bisa anda pakai di dalam aktivitas sehari-hari di tempat kerja. Skill-skill itu nantinya akan dapat membentuk suatu building rapport yang lebih baik yaitu kedekatan antar personal antara anda dan rekan kerja anda dan juga kliee anda sehingga akan timbul rasa nyaman dan akhirnya bisa membuat pola-pola yang baik untuk meningkatkan kinerja secara tim maupun pelayanan kepada pelanggan.