Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenyamanan Dalam Bekerja Adalah Segalanya


Bekerja akan menjadi nyaman penuh dengan kegembiraan jika sesuai dengan apa yang anda inginkan.  Jika bekerja malah membuat tekanan dan membuat hal-hal yang tidak nyaman berarti ada yang salah dalam pemilihan bidang pekerjaan itu. Oleh karena itu mulailah refleksi kembali tentang pekerjaan apa yang seharusnya cocok bagi anda. Saat anda sudah masuk di lapangan kerja ternyata anda tidak nyaman buat apa bekerja di situ ?

Ketidaknyamanan dikarenakan banyak faktor yang bisa saja terjadi, namun yang tahu adalah anda sendiri sebab pada dasarnya bekerja jangan terpaksa. Bekerjalah dengan sukacita dan sesuaikan dengan hati anda, ada beberapa faktor yang mungkin bisa menjadi ketidaknyamanan itu muncul. 

Pertama, pekerjaan tidak sesuai tidak sesuaimungkin terlalu berat atau terlalu rumit dari yang seharusnya dikerjakan jadi itu menumpuk-numpuk sehingga membuat anda menjadi kesulitan di dalamnya.

Kedua, hal lain yang mungkin bisa menjadi tidak nyaman adalah masalah kemampuan anda sendiri.  Jika anda tidak mampu di situ, ya berarti kemampuan anda tidak sebanding dan itu akan menjadi masalah bagi pekerjaan yang anda jalani. Berarti anda tidak bisa menyelesaikan pekerjaan dengan maksimal.

Ketiga,   anda tidak nyaman dimungkinkan karena reward atau hasil dari anda kerjakan itu tidak sesuai dengan harapan anda. Mungkin anda berharap mendapatkan hasil yang segitu ternyata kok cuma segini. Anda harus berpikir ulang untuk merencanakan pekerjaan anda seperti apa dan bagaimana karena hal itu akan menjadi sesuatu yang sangat penting ke depannya bagi anda. Anda harus menunjukkan apa yang terbaik di dalam pekerjaan Anda yang sesuai dengan tempta dan bidang anda bekerja.

Jangan sombong dengan diri anda jika anda tidak mampu ya nggak usah diterima pekerjaannya jangan menganggap anda bisa segala pekerjaan. Mungkin anda menganggap diri anda itu hebat hanya karena di waktu kuliah anda pintar terus kemudian dapat diterapkan semua ilmu anda di situ. Dalam dunia kerja harus diperhitungkan dengan baik belum tentu pendidikan dan pengalaman anda pun bisa sesuai dang adaptasi dengan cepat. Bertahun-tahun di suatu bidang anda bisa bahkan ketika punya pengalaman pun di tempat lain,  pengalaman andai itu belum tentu sama jadi anda mesti harus mempersiapkan diri di dalam suasana dan kondisi yang baru agar anda bisa maksimal.

Kalau anda tidak bisa bekerja dengan maksimal anda merugikan pekerjaan dan yang pastinya merugikan perusahaan. Anda sendiri akan diremehkan oleh perusahaan. Anda akan dianggap tidak mampu bekerja karena anda terlalu sombong menganggap diri anda paling hebat. Oleh karena itu  belajarlah untuk melihat sejauh mana kemampuan anda apakah anda bisa mengerjakan pekerjaan tersebut, jangan tergiur gaji besar namun anda tidak bisa menjalaninya.

Dalam bekerja Anda harus bisa menemukan titik poin yang tepat. Anda harus sudah memilih pekerjaan dengan tepat. Anda harus bisa menemukan cara termudah,  cara ternyaman yang bisa anda lakukan supaya Anda bisa menikmatinya karena jika anda tidak bisa menikmati pekerjaan anda. Jika anda merasa kesulitan,  anda merasa jengkel dengan pekerjaan itu maka anda pada dasarnya tidak cocok di situ.

Jika anda tidak mampu mengendalikan kondisi, situasi dan sistem yang sudah tak ada. Seharusnya anda berpikir dua kali untuk ke luar dari sistem itu. Sebagai pekertja di tenmpat itu anda harusnya bisa mengikutinya dan anda mengunci sistem itu supaya anda bisa mengikuti sistem itu bahkan menguasai sistem itu. Oleh karena itu sebagai pekerja anda perlu melihat sejauh mana sebenarnya anda bisa menguasai sistem itu.

Lalu bagaimana dengan faktor-faktor lain seperti pekerja-pekerja yang lain, teman-teman kerja, serta  pimpinan apakah juga mempengaruhi pekerjaan anda? Pada dasarnya pekerjaan Anda tergantung anda sendiri karena anda yang memegang pekerjaan itu. Faktor-faktor non teknis yang lain seperti sikap teman, rekan kerja, pimpinan yang mungkin akan sedikit banyak mengganggu atau pikiran anda, bahkan mengganggu pekerjaan anda. Anda harus pastikan bahwa pekerjaan anda bisa anda kuasai dan  anda bisa menyelesaikannya. Segala tantangan, hambatan, rintangan bahkan orang-orang yang berpotensi-potensi yang mengganggu pekerjaan anda harus ada solusinya. Anda harus punya cara dan teknik mudah menyelasaikan pekerjaan anda karena anda bertanggung jawab dengan pekerjaan tersebut. Anda harus nyaman dalam bekerja.